Laporan: Nara J Afkar

MESUJI – Di hari terakhir penerimaan berkas calon Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Mesuji periode 2022-2027, panitia Pelaksanaan musyawarah cabang (Muscab) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) APDESI setempat, Sunardi selaku Ketua, didampingi Supardi Sekretaris, dan Muamar Bendahara menerima berkas pendaftaran calon kedua atas nama Sonny Imawan Kepala Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang yang juga merupakan Pelaksana tugas (Plt) Ketua APDESI Mesuji itu, Jumat(25/02/2022).

Setelah sebelumnya, panitia menerima berkas pendaftaran calon Ketua APDESI Mesuji yang pertama atas nama Abu Shali yang merupakan Kepala Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang yakni pada Rabu(23/02/2022) kemarin. Kini giliran Sonny Imawan Kepala Desa Mulya Agung yang menyerahkan berkas pendaftaran.

Sonny berharap, proses demokrasi ini dapat berjalan dengan aman dan kondusif. Apalagi ini merupakan hajat pesta demokrasi jajaran Kepala Desa, yang harus jadi contoh bagi masyarakat bahwa pesta demokrasi harus bisa berjalan sesuai aturan yang ada agar tidak sampai menimbulkan konflik yang berujung pada perpecahan antar sesama kepala desa.

“Niat saya mencalonkan diri ini diawali dengan ‘Bismillahirrahmanirrahim’ tentu dengan tujuan yang baik untuk APDESI Mesuji kedepannya. Oleh sebab itu, siapapun nanti yang bakal terpilih sebagai Ketua harus bisa mengayomi dan merangkul semua anggota supaya bersatu, membesarkan organisasi ini sebagai wadah kita bersama yang akan menaungi semua kepala desa di Mesuji,”kata Sonny usai menyerahkan berkas pencalonannya.

Ditambahkannya, hal yang terpenting dalam penyelenggaraan Muscab ini agar bisa berjalan secara aman dan kondusif kuncinya adalah di Panitia itu sendiri. Untuk itu, dia berharap agar panitia dalam hal ini harus netral dan tidak berpihak kepada salah satu calon.

Baca Juga:  Riana Sari Arinal, Dharma Wanita Persatuan BPSDM dan Disperkim Cipta Karya Gelar Gerakan "Beli dan Bagi" di Dekranasda Lampung

“Saya berharap dalam pelaksanaan Muscab ini panitia harus bertindak secara netral. Artinya tidak bepihak kepada salah satu calon, agar tidak menimbulkan kekisruhan. Baru lah bisa tercipta demokrasi yang jujur dan adil,”tegasnya.

Sementara ditempat yang sama, Sunardi selaku ketua panitia pelaksanaan Muscab memastikan, pihaknya akan menjalankan hajat demokrasi ini sesuai dengan tata tertib (tatib) yang berlaku dan tidak akan berpihak kepada calon manapun. Sebab, menurut dia ini juga sebagai pengalaman pertama dia diberi amanah untuk ikut andil menangani hajat demokrasi dikalangan kepala desa.

Untuk itu, tentu dia tidak ingin gegabah dan akan berhati-hati dalam mensukseskan pelaksanaan muscab ini seperti halnya harapan semua rekan kepala desa yang lain, agar Muscab terlaksana dengan aman, kondusif, serta melahirkan pemimpin yang jujur, amanah dan tentunya bisa membawa kemajuan bagi APDESI Mesuji kedepannya, sebagaimana yang diharapkan oleh semua rekan kepala desa di Mesuji.

“Saya berpesan kepada semua calon, agar dalam pelaksanaan muscab ini nanti sama-sama saling bisa mengendalikan diri terutama nafsu amarah agar supaya pada waktu pemilihan ini bisa berjalan dengan aman dan kondusif serta melahirkan pemimpin APDESI Mesuji yang jujur, amanah dan dapat membawa APDESI Mesuji lebih baik dan maju kedepannya seperti yang kita harapkan bersama,”ujar Kepala Desa Mekar Sari, Kecamatan Tanjung Raya itu. ##

Temukan berita-berita menarik Lintas Lampung di Google News
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini