Laporan : Putri Nova
METRO – Bapak Bangsa atau BJ Habibie, Presiden ke 3 Republik Indonesia ini telah berpulang, Rabu (11/9).

Sejak tersebarnya kabar tentang meninggalnya Habibie, keluar juga surat edaran berisikan bahwa hari ini, Kamis (12/09) ditetapkan menjadi hari berkabung nasional.

Dalam surat edaran tersebut, masyarakat Indonesia wajib memasang bendera setengah tiang selama 3 hari dimulai dengan hari ini.

Namun faktanya, semangat nasionalisme masyarakat kepada pahlawan bangsa masih kurang. Hal ini disebabkan masih banyaknya rumah warga yang belum memasang bendera setengah tiang.

BACA JUGA  Pembinaan Seni Tradisional Minim

Saat di tanyakan kepada beberapa penduduk, mereka mengaku belum mengetahui perihal perintah pemasangan bendera setengah tiang itu. Bahkan ada yang sudah tahu tapi tetap tidak memasang bendera setengah tiang dengan alasan beragam.

Salah satu warga mengaku bahwa sejak pagi sudah berangkat ke luar kota dan belum sempat mengibarkan bendera setengah tiang.

Warga lain ada yang mengatakan bahwa tidak bisa memasang sendiri bendera tersebut.

Bahkan ada warga yang mengaku tahu pengumunan soal pemasangan bendera setengah tiang tapi tidak tahu penyebab pemasangan bendera setengah tiang sebagai tanda berkabung untuk Habibie yang meninggal hari sebelumnya. “Saya denger ramai-ramai warga disuruh pasang bendera setengah tiang selama tiga hari tapi saya nggak tahu ada apa,” jelas seorang warga yang enggan disebut namanya.

BACA JUGA  Pastikan Kesehatan Personilnya, Kapolres Minta Anggotanya Cek Kondisi Fisik

Selain rumah penduduk, terdapat juga beberapa instansi pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah tinggi yang tampak mengosongkan tiang bendera di lapangan. Saat di konformasi, ada yang hanya menjawab tidak pasang tanpa memberikan penjelasan lain.[*]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here