Laporan: Heri Suroyo/Vona
JAKARTA-Tim Kuasa Hukum Prabowo Subianto – Sandiaga Uno menyambangi kantor Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memperbaiki berkas permohonan sengketa perkara hasil Pilpres 2019, Senin kemarin.

Ketua Tim Hukum Prabowo – Sandi Bambang Widjojanto menjelaskan bahwa dalam perbaikan berkas itu pihaknya membawa bukti yang menghebohkan. Yakni paslon Capres dan Cawapres nomor urut 01 yakni Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dapat didiskualifikasi karena telah melanggar peraturan yang ada.

“Salah satu yang menarik, kami memasukkan salah satu argumen yang menurut kami, harus dipertimbangkan baik-baik. Karena ini bisa menyebabkan pasangan 01 itu didiskualifikasi,” kata Bambang dalam keterangannya kepada media, Selasa (11/6).

BACA JUGA  Usai Putusan MK, Arief Ucapkan Selamat Ke Jokowi

Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap, dari awal pendaftaran Paslon Pilpres hingga saat ini, Cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin masih terdaftar sebagai Ketua Dewan Pengawas Syariah pada dua Bank Milik pemerintah, yakni PT BNI Syariah dan PT Bank Syariah Mandiri.

“Pasal 227 huruf p UU nomor 7 tahun 2017 menyatakan, seorang calon atau bakal calon dia harus menandatangani satu informasi atau keterangan, di mana dia tidak boleh lagi menjabat satu jabatan tertentu ketika dia sudah sah mencalonkan. Nah, menurut informasi yg kami miliki, pak calon wakil presiden (Ma’ruf Amin), dalam laman BNI Syariah dan Mandiri Syariah, namanya masih ada, dan itu berarti melanggar pasal 227 huruf p,” imbuhnya.

BACA JUGA  Hari ini, KPU Terima Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

“Karena seseorang yang menjadi calon presiden atau wakil presiden harus berhenti sebagai karyawan atau pejabat dari BUMN. Kami cek itu berulang kali dan kami memastikan dan meyakini kalau itu yang terjadi ada pelanggaran yang sangat serius,” tuturnya menambahkan.

Perbaikan permohonan, kata Bambang, mengandung sejumlah argumentasi utama serta bukti-bukti pendukung diantaranya video, dokumen surat termasuk diantaranya form C1, dan bukti pendukung lainnya.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here