BERBAGI

Laporan : Heri Suroyo
BANJARMASIN – Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) Kalimantan Selatan menggelar pengukuhan pengurus tingkat Kabupaten dan Kota se-Kalsel, Minggu (27/1). Berlokasi di Aula Lantai Delapan Hotel G’Sign Banjarmasin, kurang lebih 500 peserta para Sahabat GARBI Kalsel hadir dalam kegiatan ini.

Pada acara pengukuhan ini, selain mengundang Gubernur Kalsel Irsan Noor, GARBI Kalsel juga mengundang salah satu penggagas GARBI yakni Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah sebagai pembicara dan narasumber.

BACA JUGA  Bamsoet Akui Ada Aspirasi Belum Terwujud

Saat menyampaikan orasinya, Fahri Hamzah menyebut Indonesia sedang dilanda krisis kepemimpinan. Karena fakta dilapangan para elit kekuasaan malah sibuk berseteru terkait persoalan sepele, seperti suguhan debat capres-cawapres yang digelar beberapa waktu lalu, luput dari persoalan yang substansial.

“Padahal, kita bisa untuk punya pemimpin, yang, begitu dia ngomong: kita langsung percaya ini orang bisa menyelesaikan masalah kita,” ujar politisi dari PKS itu.

Alih-alih melulu berkonflik, Fahri pun menyarankan para elit harus mengubah strategi politik agar lebih sehat. Misalnya, dengan membuka ruang-ruang diskusi yang penuh dengan optimisme, memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, dan meningkatkan peran volunterisme dalam bidang kepemudaan.

BACA JUGA  Bamsoet Minta Masyarakat Menahan Diri

“Indonesia sangat memerlukan orang-orang yang memang memberikan keyakinan kepada bangsanya. Seperti pidatonya John F. Kennedy: we choose to go to the Moon. Nah, Indonesia naik kemana?” kata dia berkelakar.

Ketimbang memikirkan hal-hal yang tidak krusial, dia juga menyarankan para elit keluar dari sikap pesimistis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here