BERBAGI

Laporan : Heri Suroyo

MALANG – Para Guru Besar Universitas Brawijaya (UB) dari berbagai fakultas pada 7 Juni 2021 memenuhi salah satu ruangan Gedung Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UB, Kota Malang, Jawa Timur. Secara bergilir mereka memaparkan pendapat, sesuai dengan disiplin ilmunya, bagaimana membangun bangsa dan negara.

BACA JUGA  Mahasiswi Indonesia Tewas Kecelakaan Di Mesir

Acara yang dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad itu merupakan salah satu bentuk serap aspirasi MPR dalam acara ‘Temu Pakar’. Temu Pakar di UB kali ini mengambil tema ‘Kajian Tentang Pokok-Pokok Pikiran Haluan Negara (PPHN) Sebagai Arah Perencanaan Dan Pengembangan Nasional’.

BACA JUGA  Setjen DPD Salurkan Bantuan Kepada Korban Tsunami 

Fadel Muhammad menuturkan ia bersyukur pada hari ini bisa bertemu dan berkumpul dengan para guru besar untuk membahas sesuatu yang menjadi perbincangan di tingkat nasional, yaitu PPHN. Diceritakan pada masa Orde Lama dan Orde Baru, bangsa ini memiliki sesuatu yang disebut ‘haluan negara’. Haluan negara disebut dibahas di MPR, hasilnya berupa garis-garis besar haluan negara. Garis-garis besar haluan negara ini selanjutnya menjadi pegangan pemerintah dalam pembangunan. “Garis-garis besar haluan negara dalam masa Orde Baru dijabarkan dalam rencana pembangunan, seperti Repelita”, paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here