Laporan : Vona/Agus S/CJ
BANDARLAMPUNG – Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang kelas 1A memberikan vonis terhadap dua terdakwa penjual Cula Badak, dengan kurungan penjara selama dua tahun. Yakni, Sin Martin Salim (48) warga Pasar Lama, Kecamatan Kaur Selatan, Bengkulu, dan Abdul Kodir (65) warga Desa Campang, Kecamatan Kota Agung, Tanggamus.

Sidang yang dipimpin Majelis Hakim Riza Fauzi itu menyatakan, kedua terdakwa dijerat dengan Pasal 40 ayat (2) juncto Pasal 21 ayat (2) huruf d UU RI Nomor 5 Tahun 1999 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem Juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP.

BACA JUGA  Ini Cerita Eva Soal Yohadi

“Berdasarkan bukti persidangan menuntut kedua terdakwa dengan hukuman penjara selama 2 tahun dan denda Rp50 juta subsider kurungan dua bulan penjara,” kata hakim saat membacakan amar putusan, Senin (15/4).

BACA JUGA  Tiga Tersangka Untuk Pungli Tsunami
IKLAN

Kata Hakim, hal yang memberatkan kedua terdakwa yakni selama persidangan tidak berkata jujur dan berbelit-berlit saat ditanya. Sementara yang meringankan, kedua terdakwa berlaku sopan dan tidak pernah dihukum.

“Dan mereka juga belum jadi menjual cula badak lalu menikmati hasilnya. Sedangkan hal yang lain iyalah mereka mempunyai keluarga yang harus dihidupi,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here