BERBAGI

Laporan : Nara/CJ
MESUJI – Adanya keluhan dari masyarakat tentang program program yang selama ini diluncurkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Mesuji akan segera ditanggapi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mesuji.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Parsuki salah satu anggota DPRD Kabupaten Mesuji fraksi partai golkar saat ditemui tim media di kediamanya pada Selasa (29/1).

Parsuki memaparkan adanya beberapa poin penting untuk digaris bawahi diantaranya pada program bantuan perumahan layak huni (BAPERLAHU) juga program bantuan beras serta kewajiban PNS maupun honorer serta aparatur kampung untuk membeli beras berdasarkan surat edaran bupati.

BACA JUGA  Bentrok Bacok, DPRD Mesuji Janji Bentuk Pansus

” kita akan tinjau ulang, dan sesegera mungkin kami dari pihak DPRD akan memanggil beberapa Dinas untuk melakukan hearing, dimana kami menilai adanya kejanggalan yang terjadi pada beberapa program, semisal Baperlahu secara yuridis ada indikasi kesalahan yang perlu dibenahi mengingat bantuan ini bersumber dari dana APBD yang peruntukanya harus mengacu pada regulasi yang ada, ” terang parsuki

Lebih lanjut Parsuki juga menegaskan bahwa, Pentingnya penerapan aturan pada program baperlahu demi menghindari dari adanya upaya upaya penyalahgunaan anggaran yang berimplikasi keranah hukum.

” Baperlahu harus sesuai dengan permendagri nomor 32 tahun 2011, dan terakhir diubah permendagri no 13 tahun 2018, tentang bantuan hibah dan bansos yang didanani oleh APBD, karena sesuai dengan amanah permendagri sudah jelas sipenerima bantuan berupa uang atau barang, apabila diterima uang ke kelompok harus langsung diberikan sepenuhnya kekelompok. Dan apabila berupa barang harus dilelang, karena nilainya lebih dari 250 juta per kelompok, karena selama ini calon penerima bantuan sudah ditentukan tokonya atau tempat mengambil barang atau material tersebut, jadi kami meminta kepada OPD terkait agar di evaluasi ulang jangan direlaisasikan program tersebut sebelum dievaluasi ulang bersama kami pihak legislatif, ” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here