Laporan : Heri Suroyo
JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Presiden Joko Widodo segera membentuk Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini penting untuk segera dilakukan sebelum masa jabatan Anggota DPR RI periode 2014-2019 berakhir pada Oktober mendatang.

“Kami sependapat bahwa memang seharusnya pemerintah segera menetapkan SK Pembentukan Pansel. Sehingga sebelum berakhir jabatan Oktober nanti, sekitar bulan September kita sudah bisa selesaikan Calon Pimpinan KPK yang baru,” jelasnya di Gedung DPR Jakarta, Rabu (15/5).

BACA JUGA  Bamsoet : Masalah Pertanahan Menjadi Perhatian Serius DPR

Politisi Partai Golkar yang akrab disapa Bamsoet ini menargetkan pemilihan di tingkat Pansel sudah bisa dilakukan di bulan Juni. Pansel ini kemudian akan memilih sepuluh nama Calon Pimpinan KPK. Selanjutnya, DPR RI akan memilih lima nama yang akan menjabat sebagai Pimpinan KPK yang baru.

BACA JUGA  Tak Periksa Nusron, KPK Dipertanyakan
IKLAN

Lebih lanjut, nama-nama yang akan bergabung dalam Pansel KPK berasal dari kalangan akademisi, praktisi, pemerintah, hingga non-government organization (NGO). Sebagai informasi, masa jabatan Pimpinan KPR periode 2015-2019 akan berakhir pada 21 Desember 2019. Pimpinan KPK yang baru akan menjabat pada periode 2019-2023.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here