Laporan : Ilham/CJ
BANDARLAMPUNG – Ketua Umum Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (Maporina) Djoko Sidik Pramono melantik Wakil Gubernur Lampung Chusnunia sebagai Ketua Harian Maporina Provinsi Lampung masa bhakti 2019-2024.

Pelantikan Wagub Nunik yang berlangsung di Lembah Hijau, Kamis (19/9) berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Pusat Nomor 19/A/MP/KEP/IX/2019.

Dalam sambutannya, Nunik bertekad menjadikan Lampung menjadi basis pertanian organic di Indonesia. Untuk itu ia mengajak pengurus Maporina di Provinsi Lampung berperan aktif meningkatkan minat masyarakat dengan mengkonsumsi makanan organik (alami), karena selain produk organik lebih sehat, pertanian organik juga menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi petani.

BACA JUGA  Kepala BMKG: Tidak Ada Tsunami

“Sekarang ini ketergantungan akan pestisida sangat tinggi sekali, efeknya bukan hanya dari sisi kesehatan juga berpengaruh pada kualitas tanah dan juga membahayakan kulit petani karena terkena bahan kimia,” ujarnya.

Selain akan memajukan pertanian organik, Nunik juga mengajak para penyuluh pertanian se Provinsi Lampung untuk mengenalkan konsep urban faming (berkebun diperkotaan) kepada masyarakat. “Kalau dulu, image pertanian sesuatu yang sulit, ribet, lahan harus luas, hasil jual rendah, sekarang ada konsep baru yang menarik yakni urban farming.”

BACA JUGA  Majelis Taklim Kemiling Belajar Tahsin Bersama Rumah Zakat Lampung

Saat ini urban farming telah menjadi tren gaya hidup dan daya tarik bagi generasi milenial sebagai solusi pertanian dimasa mendatang, “karena urban farming selain akan menghasilkan makanan yang lebih sehat juga menguntungkan dari sisi ekonomi karena harga jual produknya yang lebih tinggi dan tidak ribet,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here