BERBAGI

Laporan : Anov/Danis/CJ
LAMPUNG – Kepala Bidang (Kabid) Desminasi Informasi Diskominfo dan statistik Provinsi Lampung Ganjar Jationo, S.E.,M.AP., mewakili Kepala Dinas Kominfotik dan Statistik Pemerintah Provinsi Lampung Ir.A Chrisna Putra NR,M,E,P, secara resmi membuka sosialisasi dan pembinaan bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di aula Balai Desa Pekalongan Kabupaten Lampung Timur, Rabu (26/12).

Alumni FE Unila STIA – LAN Jakarta yang semula bertugas di Pemkab Lampung Barat mengajak dan membuka ruang bagi KIM sekaligus memfasikitasi pengembangan KIM yang juga disebut dengan pemberdayaan KIM yang merupakan upaya lebih lanjut agar KIM yang telah terbentuk di masyarakat bisa terus eksis dan memiliki peran nyata bagi masyarakat di level desa atau kelurahan.

BACA JUGA  Diskominfotik Dukung GPR

Menurut Ganjar Jationo, KIM ini perlu difasilitasi agar bisa bermitra dengan pihak lain agar tidak “asyik” dengan entitasnya sendiri, ujar dia.

Ganjar menegaskan bahwa, fasilitasi kemitraan KIM ini bisa diibaratkan dengan mengajak KIM “bergaul” lebih luas. Yakni, keluar dari lingkaran aktivitasnya yang selama ini hanya sebatas di desa atau kelurahan. Dengan begitu, para pengguna KIM dan anggotanya memiliki wawasan serta caranya tak hanya itu, dengan menjalin kemitraan, KIM berpeluang mendapat manfaat lebih dari aktivitas berkelompoknya, terang dia.

BACA JUGA  Detik Detik Ponsel Meledak Di Kantor Gubernur Riau

Manfaat ini diantaranya berupa, bertambahnya pengetahuan tentang hal tertentu, peningkatan kapasitas untuk keterampilan tertentu, serta kesempatan mengikuti kegiatan dalam skala lebih luas seperti pameran, studi banding, hingga pelatihan.

Secara sederhana kata Ganjar, bermitra diartikan dengan menjalani kerjasama dengan pihak lain. Tentu kerjasama yang bisa menguntungkan.

Artinya, ada manfaat yang diperoleh KIM ketika bermitra dengan kelembagaan KIM, dengan kategori, KIM tradisional masyarakat yang diubah menjadi KIM kelompok bentukan baru yang sepakat membentuk KIM Kelompok Informasi Masyarakat yang saat ini disebut KIM sebagai nama umum (generik), ujar dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here