BERBAGI

Laporan : Danis/Vona/CJ
LAMPUNG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan menggelar kegiatan Gebyar Pelayanan Akhir Tahun pembuatan dokumen kependudukan gratis bagi masyarakat di kabupaten setempat.

Kegiatan pelayanan yang diinovasi dengan Sikam Lantak dan Ajak Larian tersebut akan dipusatkan di Gedung Sesat Agung Bumi Gayo Komplek Islamic Center Tubaba di Rawa Kebo Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah pada Rabu (19/12).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tubaba Ahmad Hariyanto mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai sebagai upaya kemudahan pelayanan bagi masyarakat dalam melengkapi dokumen kependudukan baik kartu keluarga (KK), KTP Elektronik (E-KTP), Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SK-PWNI), Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan Akta Perkawinan bagi non muslim.

BACA JUGA  Bawaslu Gelar Media Gathering Ekspose

“Kami akan melaksanakan kegiatan ini bersama PWI Tubaba pada Rabu 19 Desember di Gedung Sesat Agung Islamic Center Tubaba,” kata dia kepada wartawan, Senin (17/12).

Hariyanto menjelaskan layanan Sikam Lantak merupakan akronim dari pelayanan siap rekam langsung cetak untuk pembuatan KTP-Elektronik dan kartu keluarga (KK), sementara Ajak Larian merupakan akronim dari jenis pelayanan Antar Jemput Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, dan Akta Kematian.

BACA JUGA  Almacida: Ayo Kawal Semua Program Jokowi Untuk Rakyat Lampung

“Nanti masyarakat yang akan membuat KTP-Elektronik langsung kami rekam, jika setelah perekaman datanya sudah diterima Pusat (penunggalan sudah Print Ready Record) di hari itu juga, maka KTP bisa langsung kami cetak. Layanan ini juga yang menjadi kendala adalah sistem yakni ketika jaringan internetnya bermasalah dan data tidak bisa diterima sistem Pusat maka KTP tidak bisa di cetak. Ya, semoga saja pada hari H tidak ada gangguan,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here