Laporan : Makmur PJ
BANDARLAMPUNG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung masih menyosialisakan kartu identitas anak (KIA) usia 0 -16 tahun kepada masyarakat.

Program Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN, untuk pemenuhan hak anak itu sudah berjalan sejak Oktober 2016 lalu, dan sampai saat ini total 85.521 KIA telah diberikan kepada anak-anak.

Kepala Disdukcapil Bandar Lampung, A. Zainuddin, mengatakan, Kota Bandar Lampung telah mulai memberikan KIA sejak Oktober 2016. Pihak pemkot sudah menyosialisasikan ke berbagai pihak, mengajak masyarakat untuk membuat dokumen kependudukan anak.

BACA JUGA  Golkar Bandarlampung Potong 4 Sapi

“Sampai hari ini, Disdukcapil sudah mencetak 85.521 lembar. KIA ini diberikan untuk anak usia satu hari sampai 17 tahun kurang satu hari,” kata dia, Rabu (21/8).

Hal diungkapkan Zainuddin usai penyerahan 100 akte dan KIA pada HUT Bhayangkari ke-67 oleh Ketua Bhayangkari Lampung dan Ketua TP PKK Kota Bandar Lampung, di Gedung Disdukcapil Kota Bandar Lampung.

Pemerintah menerbitkan KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik. KIA juga merupakan upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia.

BACA JUGA  Kapolresta: Jaga Keamanan Agar Pembangunan Berjalan Lancar

“Selain itu kia juga bermanfaat untuk mendaftar sekolah di Bandar Lampung. Oleh sebab itu, pada saat penerima siswa baru 2019 terjadi peningkatan pembuatan KIA dari awal April dan saat ini dipantau langsung Wali Kota Herman HN,” jelas Zainuddin.

Menurutnya, fasilitas pencetakan KIA pun sudah dipercepat. Wali Kota Bandar Lampung telah menambah empat unit perangkat cetak KIA untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here