BERBAGI

Laporan: Heri. S/Putrinova
USTADZ Abdul Somad (UAS) membatalkan jadwal ceramahnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, hal ini diduga lantaran terjadi intimidasi serta rencana penolakan (Presekusi) kedatangannya di daerah tersebut.

Koordinator Umum Gerakan Aswaja Malang Raya (GAMAL), Habib Asadullah bin Alwy Alaydrus menuturkan, sejatinya hari ini (2/9) UAS memiliki agenda bersamanya yakni pengajian di Masjid Agung Jami’ Malang, namun akibat perkembangan situasi, UAS dengan bulat membatalkan jadwalnya walaupun pihak GAMAL telah berupaya meyakinkan beliau.

“Hari-hari menjelang kedatangan UAS ke Malang, memang terjadi beberapa upaya penolakan UAS. Penolakan disertai berbagai tuduhan yang tidak menemukan kebenarannya. Maka kemudian, UAS dan timnya mungkin sudah mulai jengah, sehingga beliau memutuskan untuk membatalkan semua agenda beliau di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Termasuk juga acara dengan GAMAL, hari ini di Masjid Agung Jami’ – Malang,” kata Habib Asadullah bin Alwy Alaydrus secara tertulis.

Habib Asadullah menegaskan pada dasarnya diaku atau tidak bahwa jutaan umat menerima dan mendukung atas konten dan cara dakwah UAS. Jika dibandingkan, hanya segelintir kelompok yang menolak dan membuat fitnah terhadap UAS.

Karena itu, dia meminta pemerintah mampu memberikan rasa keamanan ditengah-tengah umat dan memberi jaminan terhadap aktifitas keagamaan yang tidak menyimpan dari koridor hukum bernegara.

“Kita sangat menyayangkan dan bahkan marah pada mereka yang telah mengusik ketenangan UAS berdakwah. Kalau sudah begini, ummat juga yang rugi! Semoga kedepan, kita semua bisa lebih dewasa mengelola ketidak-sepahaman terhadap isi pidato maupun sikap seorang da’i. Sehingga segala bentuk penghalangan terhadap acara pengajian legal dan tidak menyimpang, bisa diakhiri,” tegas dia.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here