BERBAGI

Laporan: Agus Setiawan
PESISIR BARAT – Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Agus Istiqlal, melantik secara langsung 40 peratin terpilih yang dipusatkan di GSG Selalaw, Pantai Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (11/12).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Pesbar Nomor: B/770/KPTS/01/HK-PSB/2018 tentang pengangkatan terpilih hasil pemilihan peratin serentak di Pesbar.

Selain Bupati, dalam kegiatan sakral tersebut turut hadir juga Wakil Bupati, Erlina, Kapolres Lampung Barat (Lambar), AKBP. Doni Wahyudi, Kajari Lambar, M. Mansyur, Pabung Kodim 0422/Lambar, dan Kacabjari Krui, Indra Gunawan, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Pesbar.

Mengawali sambutannya, Bupati Agus Istiqlal, memberikan selamat kepada 40 peratin yang baru saja dilantik.

“Semoga kedepan seluruh peratin yang sudah dilantik mampu mengemban amanah dan tugas dengan penuh tanggungjawab. Buktikan kemampuan untuk membawa perubahan yang signifikan dan maksimal dimasing-masing pekon yang dipimpin,” ucap Agus.

BACA JUGA  Aparat Penegak Hukum Harus Serius

Bupati menuturkan pelantikan peratin tersebut merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan pemilihan peratin yang diselenggarakan oleh panitia pemilihan peratin. “Karenanya Bupati Pesbar menyampaikan terimakasih, atas upaya kita bersama dalam mensukseskan agenda pemilihan kepala pemerintahan di tingkat pekon,” lanjut Agus.

Kendati begitu, Agus pun menyadari dalam pelaksanaan pemilihan peratin serentak memiliki banyak kekurangan. Untuk itu Agus meminta agar hal tersebut menjadi catatan demi perbaikan dalam penyelenggaraan proses demokrasi di tingkat pekon kedepan.

Agus menegaskan, para peratin harus mampu menyelaraskan program pembangunan Pemkab Pesbar, utamanya dalam kepimpinannya sebagai Bupati Pesbar yang pada prinsipnya pelaksanaan pembangunan daerah akan dimulai dari tingkat pekon.

“Mulai dari perbaikan infrastruktur jalan, pelayanan kesehatan, pendidikan, listrik, pertanian, sehingga kita harapkan nantinya melahirkan pekon yang sehat, cerdas dan mandiri,” tegas Agus.

BACA JUGA  Kominfo Pesbar Ajak Generasi Milenial Jadi Garda Terdepan Penyampaian Informasi Yang Akurat

Orang nomor satu di kabupaten paling ujungnya Lampung itu berpesan kepada para peratin terlantik untuk tidak bangga atas keberhasilannya dalam memenangkan pemilihan peratin.

“Embanlah amanah sesuai dengan janji dan sumpah yang telah disampaikan kepada masyarakat. Laksanakan amanah tersebut dengan penuh keikhlasan dan tanggungjawab untuk menata dan memajukan pekon, serta bagaimana membangun kemitraan bersama, sehingga secara kolektif kesejahteraan masyarakat pekon dapat saudara tingkatkan ke arah yang lebih baik,” kata Agus.

Tidak hanya itu, Agus juga meminta para camat segera melakukan serah terima jabatan bagi peratin yang baru saja dilantik.

“Semoga roda pemerintahan pekon dapat berjalan sebagaimana mestinya dalam rangka melaksanakan pelayanan kepada masyarakat,” terang Bupati.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here