BERBAGI

Laporan : Nara Naufalrafif
MESUJI – Desa Bukoposo yang merupakan ibukota serta pusat pemerintahan Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji rupanya memiliki berbagai potensi sumber daya alam (SDA) yang apabila dikelola dengan baik dapat mensejahterakan masyarakatnya. Salah satu potensi tersebut adalah Embung yang bisa dikembangkan menjadi potensi wisata didesa setempat.

Penjabat (PJ) Kepala desa Bukoposo Dahirin berkeinginan menjadikan Embung tersebut sebagai tempat untuk berekreasi khususnya bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Way Serdang dan sekitarnya. Sebab, dia melihat Embung tersebut memiliki potensi untuk dijadikan tempat Wisata yang menjanjikan jika dikelola dengan baik.

BACA JUGA  83 Peserta Ikuti Tes CAT Penerimaan PPPK Tahap 1

“Kita berkeinginan menjadikan Embung ini sebagai obyek Wisata Air karena memiliki kedalaman dan lebar yang cukup yang dan panjang sekitar 1000 Meter.Kedepan ini akan kita kembangkan dan dikelola oleh Badan usaha milik desa (Bumdes) sehingga Embung ini tidak mubazir dan bisa meningkatkan PAD desa,” jelas Dahirin senin (21/1).

Menurutnya, Embung yang letaknya berada tidak jauh dari lokasi kantor Kecamatan dan ruas jalan kabupaten tersebut, sampai saat ini memang belum pernah dikelola dengan baik sehingga belum bisa memberikan countribusi untuk desa. Embung tersebut dibuat oleh Departemen Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jenderal Pengairan, yakni Proyek Pengembangan dan Konservasi sumber air seputih sekampung tahun 1993.

BACA JUGA  Antisipasi Konflik, DPMD Petakan Wilayah Rawan Jelang Pilkades Serentak

Sehingga ketika dipercaya oleh Bupati Mesuji Khamami menjadi penjabat kepala desa disana, Dia ingin Desa Bukoposo memliki tempat tujuan salah satunya yaitu tujuan Wisata dengan memanfaatkan potensi yang ada.

“Ya, kedepan selain memiliki tempat wisata, embung ini jika dikelola dengan baik maka akan menjadi salah satu sumber pendapatan desa ini. Terlebih saat ini, Desa Bukoposo juga akan di mekarkan menjadi tiga desa, sehingga rentan kendali pelayanan dan pembangunan akan semakin lebih merata,” pungkasnya.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here