BERBAGI

Laporan : Heri Suroyo
JAKARTA – Anggota DPR RI Fraksi Demokrat yang juga Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan menegaskan debat calon presiden dan calon wakil presiden tidak perlu diberikan bocoran pertanyaan karena debat justru akan memberikan efek kejut bagi pemilih.

“Perkembangan rapat timses Joko Widodo-Prabowo Subianto soal debat tidak terjadi kesepakatan, padahal ini penting. Ini untuk efek kejut, bagi pemilih untuk memilih kedua pasangan calon. Harusnya dilepas netral, jangan dikasih-kasih daftar pertanyaan itu,” katanya di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (7/1).

BACA JUGA  Jokowi: Ekonomi Nasional Tumbuh Positif

Hinca mengatakan mereka tak membahas soal bocoran daftar pertanyaan debat. Koalisinya ingin agar yang diberikan pada kandidat hanya tema-temanya. Misalnya seperti korupsi dan hak asasi manusia (HAM).

“Perdebatan itu harus dilepas, kan mengalir, justru menarik. Saya justru tidak setuju daftar pertanyaan dikasih-kasih, yang kita sepakati waktu itu temanya. Detail pertanyaannya biarkan ada panelis,” ujarnya.

BACA JUGA  Prabowo Minta AHY Cawapres

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun berperan sebagai penyelenggara yang apa adanya. Mereka hanya menunggu dan paslon mengeluarkan kemampuannya untuk bertukar gagasan, pikiran, dan ide cara mengelola negara,” pungkas Hinca.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here