Laporan : Ilham/CJ
BANDARLAMPUNG – Komandan Kodim 0410/KBL Bandar Lampung, Letkol Inf Romas Herlandes menjadi Narasumber dan Pengajar Latihan Kesiapsiagaan Negara CPNS Golongan II dan III Tahun 2019 di Hotel Sahid, Bandar Lampung, Kamis (19/9).

Dalam materinya bertema ‘wawasan kebangsaan, bela negara, cinta tanah air’, Romas, mengutarakan perihal kekayaan alam di Indonesia yang banyak sumber daya alam, sumber daya energi, pangan, dan pasar dunia yang potensial.

Namun, dengan keindahan tersebut juga tidak menutup kemungkinan menjadi petaka bagi Indonesia, jika tidak terkelola dengan baik dan maksimal.

“Kita harus bangga menjadi warga negara Indonesia. Kekayaan alam Indonesia membuat iri negara-negara di dunia, tapi sumber daya alam justru menjadi petaka buat kita oleh karena itu kita harus waspada,” katanya.

Ia mengingatkan, ihwal Presiden RI pertama, Soekarno terkait dengan pesatnya populasi di suatu negara yang tidak seimbang dengan kesediaan pangan air bersih dan energi. Sehingga dapat memicu terjadinya konflik baru, yang membuat Indonesia akan jadi perebutan dunia.

“Negara asing memperebutkan Indonesia dengan cara proxy war, yaitu, perang yang salah satu pihak menggunakan pihak ketiga atau kelompok lain untuk berperang melalui berbagai aspek ilmu, politik, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, perang dengan cara tidak langsung yang menyasar integritas bangsa dan negara yang menggunakan senjata soft dan hard power.

“Dengan proxy war insurgent, tokoh, lemerintah dan akademisi,” jelas mantan Dandim 0418/Palembang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here