Laporan : Nara/CJ
TULANG BAWANG – Genangan air setinggi mata kaki orang dewasa tidak menyurutkan niat Bhabinkamtibmas Brigpol M Erlando bersama para pelajar SD (sekolah dasar) untuk melaksanakan upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap hari senin pagi.

Itulah sekelumit gambaran yang nampak oleh mata, saat melihat kegiatan upacara bendera hari Senin (11/2), sekira pukul 07.30 WIB, bertempat di SD Negeri 1 Kampung Gedung Jaya, Kecamatan Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang.

Kasat Binmas Iptu Joni AB mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Syaiful Wahyudi, SIK, MH mengatakan, kegiatan menjadi pembina upacara di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Tulang Bawang Barat rutin dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas.

BACA JUGA  Wakapolres Berkunjung Ke Kantor PCNU, Ini Pesannya
IKLAN

“Apa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Brigpol M Erlando ini patut di contoh untuk para Bhabinkamtibmas yang lainnya, karena walaupun sekolah tempat dia menjadi pembina upacara tergenang oleh air, tetapi tidak sedikitpun menyurutkan niat untuk melaksanakan upacara setiap hari senin pagi,” tutur Iptu Joni.

Bendera merupakan salah satu identitas bangsa, di balik wujudnya sebagai benda mati, kisah yang tersirat pada sebuah bendera adalah sebuah kisah bagaimana perjuangan para pahlawan dalam membentuk dan memerdekakan sebuah negara.

BACA JUGA  Bandar Narkoba Diringkus Aparat

“Melalui upacara bendera yang diselenggarakan di sekolah-sekolah, di situlah penghargaan atas perjuangan para pahlawan terhadap bangsa ini semakin membukakan mata bahwa, bendera yang kita miliki bukan hanya benda artifisial tanpa makna,” terang Iptu Joni.

Ada 5 nilai positif yang terkandung dalam kegiatan upacara bendera di sekolah yaitu membiasakan disiplin, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, membiasakan berpenampilan rapi, meningkatkan kekompakan dan kebersamaan serta menumbuhkan jiwa nasionalisme.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here