BERBAGI

PESISIR BARAT– DPRD Pesisir Barat melaksanakan rapat paripurna dan pandangan umum fraksi atas Nota Pengantar KUA-PPAS APBD Anggaran Tahun 2019, di Gedung Dharma Wanita (14/8).

Rapat dipimpin Wakil Ketua II AE. Wardhana Kusuma uga dihadiri Ketua DPRD Pesibar Piddinuri, Bupati Pesbar Agus Istiqlal, Wakil Bupati Erlina dan Operasional Perangkat Daerah (OPD) Pesibar. Meski dihadiri 17 anggota dari 24 orang, paripurna berlangsung lancar.

Dalam paripurna pandangan umum terhadap Nota Pengantar KUA-PPS, Fraksi Demokrat melalui juru bicaranya Mat Nawawi memberikan catatan terhadap dua hal. Pertama, Demokrat meminta kepada Pemkab Pesbar agar fokus pada target pendapata asli daerah (PAD).

BACA JUGA  Keluar Sebagai Pemenang Partai Nasdem Raih Tujuh Kursi DPRD Pesbar

Pemerintah kabupaten menurut Demokrat tidak maksimal menggali PAD. Kedua, dalam menyusun KUA-PPAS kiranya selaras dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). “Kami menilai masih ada program yang tidak ekonomis dan tidak fokus pada RPJM yang sudah disepakati sebelumnya,” ujar Mat Nawawi.

Dari Fraksi Gerindra melalui Juru bicaranya, Ahmad Husaini menekankan pada persoalan dampak dari pembangunan kantor bupati yang masih menyisakan banyak masalah.

“Dan ini harus segera dituntaskan. Apalagi dalam kompleks tersebut terdapat SMPN 1 dan Puskesmas Krui,”ujarnya.

Dari fraksi gabungan, Pesisir Barat Bersatu melalui jurbicaranya Saipul Hadi menyatakan, mengenai PAD dari sektor retribusi perlu ada langkah strategisnya. Dan juga kesiapan pemkab menghadapi E-Plan dan E-Bujedting.

BACA JUGA  DPRD Soroti Kinerja Tim Gugus Covid-19

Menurut Saipul, masyarakat ingin mengetahui secara jelas soal kesiapan pemkab menghadapi berbagai kemajuan dewasa ini. Termasuk dalam soal penyusunan APBD.

Sementara dari Fraksi PDI-Perjuangan, mengingatkan pemerintah dalam hal pemberian bantuan kepada masyarakat melalui hibah dan bansos benar-benar tepat sasaran.

“Lakukan pendataan dengan benar. Mereka yang diberi memang benar-benar membutuhkan. Dengan demikian hibah dan bansos memberi manfaat,”urai Ripzon Efendi selaku juru bicara.[setia/lintas]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here