ilustrasi

Laporan : Heri/CJ
Idul Adha identik dengan santapan tinggi lemak dan kolesterol, sebut saja gulai kambing, sate kambing, hingga tengkleng.

Makanya, jangan heran jika pagi ini Anda terbangun dengan kepala sedikit berat dan tengkuk yang terasa tegang. Bisa jadi, kadar kolesterol Anda naik.

Agar tak mengganggu aktivitas hari ini, Anda perlu segera menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Tanpa obat, inilah cara alami menurunkan kolesterol dengan cara mengelola makanan Anda seharian, seperti dilansir dari The Heart Foundation dan Suara.com, Senin (12/8).

1. Sarapan
Oat bisa jadi pilihan yang sehat untuk memulai hari Anda. Tak hanya mengenyangkan, oat juga kaya serat larut. Dengan asupan serat harian yang disarankan 25-30 gram untuk orang dewasa, satu porsi oat bisa memberi Anda hingga empat gram serat, dan Anda bisa menambahkan lebih banyak serat dengan mencampurkan beberapa potong buah-buahan dan kacang-kacangan ke dalam bubur oat.

BACA JUGA  Kaya Nutrisi, Pakar Rekomendasikan Konsumsi Telur Asin

2. Makan siang
Kacang-kacangan jenis legume seperti buncis adalah sumber serat larut yang sangat baik. Sepiring nasi putih (atau merah!) dengan tumis buncis dan sayuran adalah pilihan tepat di siang hari nanti untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

3. Makan malam
Lemak tak jenuh tak hanya menjanjikan penurunan kadar kolesterol yang sehat, tapi ini juga merupakan jenis lemak yang lebih sehat. Pilihannya adalah omega-3, asam lemak tak jenuh ganda, yang bisa Anda dapat dari ikan. Jadi, pastikan ikan salmon atau ikan tuna akan jadi menu makan malam Anda nanti ya.

BACA JUGA  Makanan Manis Bahaya Pada Otak Anak

4. Dessert
Butuh dessert di sela makan besar? Apel, buah beri, dan buah jeruk mengandung sejenis serat larut yang disebut pektin. Rasanya yang manis sudah cukup untuk memanjakan lidah.

5. Snack
Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber makanan yang kaya lemak tak jenuh penurun kolesterol. Segenggam kecil kacang sebagai camilan di antara waktu makan, dapat membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama. Konsumsi kacang-kacangan secara teratur juga dikaitkan dengan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah.[*]

- Advertisement -
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here