BERBAGI

Laporan: Agus Setiawan

PESISIR BARAT-Komitmen terhadap pengembangan wisata di Pesisir Barat terus ditingkatkan oleh Bupati Agus Istiqlal. Bersama media, Agus mengajak mengunjungi perkampungan ‘Jin Matu’ atau lazim dikenal Goa Matu,Selasa (27/11).

Goa yang memiliki keindahan sangat memukau,d an membuat takjub wisatawan banyak menyimpan cerita unik. Goa yang sudah ada sejak puluhan tahun itu terletak di Pekon Way Sindi,Kecamatan Karya Penggawa .

Dilihat dari letaknya Gua Matu berjarak dari Krui sekitar 11 KM. Namun, Jika ditempuh melalui kendaraan sepeda motor atau kendaraan roda empat memakan waktu 20 menit.

Bagi masyarakat Pesibar sendiri,Gua Matu dikenal lebih dari sekedar gua biasa pada umumnya. Tempat ini menyimpan bayak misteri dengan cerita mistis secara turun temurun.

BACA JUGA  Pesbar Terus Kejar Ketertinggalan

Setelah resmi menjadi Kabupaten Pesibar, pemkab setempat mulai melakukan terobosan-terobosan baru untuk memperkenalkan segala potensi yang ada kepada masyarakat luas.

Salah satunya terus berupaya mengeksplor budaya dan pariwisata yang ada termasuk spot wisata Gua Matu sebagai tempat wisata religi yang layak dikunjungi wisatawan.

Saat ini akses menuju Gua Matu sudah di bangun,seperti gerbang utama yang berada tepat dipinggir jalan raya.Begitu juga akses masuk menuju Gua Matu juga sedang dibangun dengan menggunakan paving blok.

Tidak seperti sebelumnya, tempat ini belum ada jalan khusus dimana hanya dapat dilewati melalui pinggir lautan dengan melewati tebing-tebing terjal. Berbeda dengan saat ini, Pemerintah daerah Pesibar sudah berpartisipasi dengan membangun gerbang utama dan jalan menuju Gua Matu tersebut.

BACA JUGA  Sekda Pesbar Hadiri-Buka Acara Konsolidasi Dan E-reporting

Secara kasat mata Gua matu memiliki pemandangan yang indah, panorama laut yang dapat disaksikan saat melakukan perjalanan menuju Gua, ditambah adanya cerita rakyat dengan penuh misteri sebagai sensasi yang akan pengunjung rasakan disaat mendatangi wisata ini.

Diketahui konon katanya Gua Matu memang tempat yang begitu menyeramkan, yakni tempat tinggalnya mahkluk halus yakni”Jin Matu”.

Meski demikian, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tak hanya itu saja para petualang yang berkunjung juga akan disuguhkan dengan ribuan kelelawar hitam dengan jumlah yang begitu banyak, kelelawar ini hidup dan tinggal di dalam Gua Matu.

Hingga kini Goa matu menjadi salah cerita rakyat yang dipercaya masyarakat setempat dan masih terus diperbincangkan. [*]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here