BERBAGI

Laporan : Ilham Prayogi /Tr
BANDA ACEH – Perwakilan BKKBN Aceh menggelar penguatan kelompok kerja (pokja) serta bimbingan teknis (bimtek) program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK) di Kampung KB. Kegiatan ini sudah dilaksanakan di 17 kabupaten/kota di Aceh, sedangkan enam daerah lainnya belum.

Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd, di Banda Aceh, Rabu (18/7), mengatakan, membangun sumber daya manusia dimulai dari keluarga. Untuk itu, menurutnya, BKKBN perlu meningkatkan kualitas keluarga melalui penguatan keuchik, penyuluh keluarga berencana (PKB) dan petugas lapangan keluarga berencana (PLKB), dan OPD KB di Kampung KB dengan memberikan bimtek. Sehingga mereka memahami alur dan tujuan program KKBPK.

BACA JUGA  Waduh, 70 Napi Berkeliaran Di Luar LP

Dikatakan, keberhasilan Kampung KB diukur dari aktifnya lintas sektor dalam pembangunan dengan melibatkan masyarakat sebagai objek dan subjek. Tujuan kegiatan itu, lanjutnya, untuk meningkatkan pengetahuan kelompok kerja (pokja) dalam pengelolaan Kampung KB, terutama keuchik dan PKB dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melalui program KKBPK yang terintegrasi dengan berbagai sektor lain.

BACA JUGA  BKKBN Aceh Adakan Pelayanan KB Gratis

“Dengan penguatan dan bimtek ini, kita berharap pelaksanaan miniatur program KKBPK di Kampung KB di Aceh berjalan sesuai yang diharapkan. Sehingga tujuan untuk mewujudkan masyarakat berkualitas dan sejahtera akan tercapai,” tutup Sahidal Kastri.

Kasubbid Hubalila Perwakilan BKKBN Aceh, Zulkifli SE menambahkan, kegiatan penguatan dan bimtek itu harus sudah selesai dilaksanakan di 23 kabupaten/kota di Aceh sebelum Desember mendatang. Adapun kabupaten/kota yang belum digelar kegiatan itu, sebut Zulkifli, yaitu Abdya, Aceh Selatan, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Simeulue dan Sabang.[*]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here