Bazar Kewirausahaan SMAN 1 Jatiagung

190
BERBAGI

Laporan : Putri Nova
LAMPUNG SELATAN – Bertepatan dengan hari pembagian raport semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019, SMAN 1 Jatiagung mengadakan bazar kerajinan dan keterampilan siswa kelas X, di lingkungan sekolah SMAN 1 Jatiagung, Sabtu (22/12).

Bazar kerajinan siswa ini adalah hasil pembelajaran kewirausahaan sekolah yang telah dilakukan selama satu semester.

“Tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan jiwa inovatif dan interprenership siswa SMAN 1 Jatiagung,  agar siswa mampu berwirausaha setelah lulus dari sekolah”, terang Fitriana, SPd.  Guru KWU. “Ternyata antusias siswa sangat tinggi, mulai dari menyiapkan bahan bazar sampai dengan lokasi pelaksanaan”, lanjutnya.

BACA JUGA  Perumnas Bantu Korban Tsunami

Barang-barang hasil karya para siswa yang dijual ini beragam, yakni gantungan kunci,  bros,  stiker,  tempat tisue, tempat bros,  kipas,  tempat make up,  tempat pensil,  vas bunga,  vigura,  makanan dan minuman,  lampion dari stick,  serta air mancur dari bambu.

Hasil karya tersebut dijual secara umum termasuk kepada masyarakat yang datang ke sekolah. Harganya pun berfariasi, mulai dari Rp . 3,000,-  hingga Rp. 70,000,- per pcs. Hasil penjualan ini rencananya akan digunakan sebagai modal kegiatan yang akan datang.

“Dukungan dari pihak sekolah terutama Kepala Sekolah, yakni agar kreasi anak-anak lebih di tingkatkan sehingga memiliki daya saing di pasaran”, terang Kurnain, SP.  Waka Kesiswaan.  “Para guru juga turut memberikan ide-ide kreatif untuk para siswa dan teknik penjualan serta pemasaran ke masyarakat”.

BACA JUGA  Daftar Rekanan Yang Setor Fee

Hasil produksi siswa ini rencananya akan dipasarkan juga secara online oleh pihak sekolah. Selain itu, sekolah juga akan menyiapkan kegiatan sejenis yang lebih luas, baik jumlah produk maupun pasarnya.

“Paling tidak se-Kecamatan Jatiagung dengan melibatkan sektor dunia usaha kecil menengah terutama kerajinan kreatif pemuda di desa-desa”, terang Drs.  Sumarno, Kepala Sekolah SMAN 1 Jatiagung.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here