BERBAGI

Laporan : M.Danis Mulya / Ilham Prayogi

BANDAR LAMPUNG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandar Lampung memberikan pembekalan informasi terkait tugas dan wewenang Bawaslu kepada mahasiswa magang dari Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung serta siswa magang dari SMKN 8 Bandar Lampung di Aula Kantor Bawaslu Kota Bandar Lampung (28/9).

Dalam kesempatan ini pula, Komisioner Bawaslu Kota Bandar Lampung, Gistiawan mengajak mahasiswa dan siswa tersebut untuk bersama-sama berperan aktif melakukan pengawasan pemilu dari ruang lingkup yang paling terkecil terlebih dahulu yaitu keluarga dan lingkungan pertemanan demi mensukseskan gelaran demokrasi 5 tahunan ini.

BACA JUGA  Bawaslu Masukkan OSO Di Daftar Caleg

“poinnya adalah agar mahasiswa magang turut serta dalam pengawasan pemilu di lingkungnya masing-masing, apalagi saat ini sudah masuk tahapan kampanye Pemilu 2019.” ujar Gistiawan yang juga sebagai Koordiv Sengketa ini.

Selain dalam hal tugas dan wewenang, mahasiswa dan siswa magang tersebut diharapkan juga turut peka dalam hal dugaan pelanggaran yang terjadi di lapangan, hal ini disampaikan oleh Koordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Bandar Lampung, Yahnu Wiguno Sanyoto.

BACA JUGA  Bawaslu Ingatkan Kepala Daerah Jangan Berpihak Kepada Salah Satu Calon

“Harapannya ketika mahasiswa dan siswa magang sudah mengerti tugas dan wewenang Bawaslu, mereka juga peka terhadap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di lapangan, bukan tidak mungkin dari mereka ini nantinya Bawaslu akan membuat semacam gerakan sosial bagi mahasiswa atau siswa untuk turut serta mengawasi di ruang lingkupnya masing-masing, semacam agent of Bawaslu yang fokus dalam mensosialisasikan dan mengawasi pelanggaran-pelanggaran yang terjadi,” tambah Yahnu.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here