BERBAGI

Laporan : Nara/Romi/CJ
BANDARLAMPUNG – Bawaslu Kota Bandarlampung akan segera memanggil para pengurus partai politik untuk memberikan arahan terkait alat peraga kampanye (APK) yang terpasang tidak sesuai ketentuan.

“Penertiban akan terus berlangsung hingga pemilu, dari pencopotan hingga surat edaran secara formal kepada partai juga kami layangkan,” kata Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Chandrawansah, saat dihubungi di Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan tidak lanjut berupa pecopotan APK liar yang dipasang tidak pada tempatnya seperti di angkutan umum dan pepohonan di setiap kecamatan.

BACA JUGA  Minimalisasi Kecurangan, Buka C1 Plano

Ia juga mengatakan bahwa pemanggilan pengurus parpol juga untuk membahas dana kampanye yang bertujuan agar para caleg partai menjabarkan berapa dana untuk pemasangan APK dan berapa banyak APK yang dibuat, seperti dilansir Antara.

Kesempatan itu juga untuk memberikan arahan kepada mereka untuk memasang alat peraga kampanye sesuai peraturan Bawaslu dan KPU.

BACA JUGA  Hasto Siap Jelaskan Ke Bawaslu Dugaan Menghina Prabowo

Ia menerangkan selama ini pemasangan atribut – atribut kampanye para caleg, ada yang tidak sesuai dengan dana kampanye yang mereka sebutkan.

Mengenai sanksi tegas, ia menyebutkan pihaknya mengacu kepada peraturan Bawaslu dan KPU dimana tindakan tegas pelanggaran tersebut adalah pencopotan secara paksa APK dan pemanggilan para caleg oleh petugas Bawaslu di kecamatan.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here