Laporan : Heri Suroyo

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai selain menerapkan  protokol kesehatan, juga perlu diawasi distribusi bantuan sosial alias bansos.

Hal ini dikatakan Bamsoet  saat mengisi Webinar ‘Pelaksanaan Pilkada di Masa Pandemi Covid-19’ yang diselenggarakan Universitas Krisnadwipayana, dari Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Kamis (6/8).

BACA JUGA  Bamsoet: Tingkatkan Kinerja MK Sebagai Pengawal Konstitusi

“Dari segi kandidat dan partai politik pendukung, dituntut untuk semakin bijak dalam berkampanye. Dari semula mengandalkan besarnya kerumunan massa, diubah menjadi mengandalkan platform teknologi informasi. Dari semula mengedepankan jargon dan hiburan, menjadi mengandalkan ide dan gagasan,” ujar Bamsoet.

“Diperkirakan 80 persen petahana akan maju kembali dalam kontestasi Pilkada. Tak menutup kemungkinan terjadinya politisasi bantuan sosial sebagai alat kampanye terselubung. Dampak pandemi yang menghantam kehidupan perekonomian rakyat semakin meningkatkan resiko terjadinya praktik money politics. Ketidakadilan kontestasi politik dan potensi peningkatan money politics tersebut, tentunya akan mengurangi kualitas kehidupan demokrasi kita,” pungkas Bamsoet.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here