Laporan : Rudi Alfian

LAMPUNG UTARA – Sungguh kreatif dan patut diapresiasi, ide salah satu Kepala Desa yang ada di Kabupaten Lampung Utara, tepatnya di Desa Cempaka Kecamatan Sungkai Jaya, yang dituangkan dalam bentuk nyata, merubah tampilan Balai Desa yang sebelumnya biasa-biasa saja, disulap tampilannya menyerupai Istana Merdeka yang ada di Jakarta.

Kepala Desa Cempaka, Hj. Rizki Puspa Dewi SE. MM., yang tergolong masih muda itu sengaja mendesain bangunan tersebut dengan tujuan agar warganya yang ingin melihat Istana Merdeka tidak perlu jauh jauh untuk pergi ke Jakarta, cukup datang ke kantor desanya saja.

“Bangunan gedung tersebut kurang lebih kita bangun dengan biaya Rp 394.881.500,- dengan sumber pendanaannya dari dana desa tahun anggaran 2020, dan tahun depan akan kita lanjutkan pembangunan Aula dan pagar. Target kita seperti Istana Presiden aslinya, meski pembangunan kita lakukan secara bertahap,” ujar Kades saat di temui di ruang kerjanya, Selasa, (17/11).

BACA JUGA  Plt Bupati Lantik Sekdakab dan Pejabat Eselon II B

Menurut Kades Rizki, Pembangunan kantor desa yang mirip dengan rumah dinas Presiden RI itu diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 2 atau 3 tahun.

“Saya perkirakan pembangunan kantor itu kurang lebih memakan waktu 2 atau 3 tahun, karena sumber dana pembangunan ini pakai dana desa (DD) artinya harus bertahap. Meskipun jangka waktunya cukup lama, saya berkeyakinan bisa terwujud,” ujarnya dengan sumringah.

Ia melanjutkan, Inspirasi bangunan mirip Istana Negara itu muncul pertama kali saat dirinya pergi ke Jakarta dan sering melihat di televisi, hingga akhirnya timbul pemikiran bagaimana caranya bisa melihat Istana Negara tanpa harus menyeberang ke Pulau Jawa.

BACA JUGA  Tak Bisa Renang, Bocah SD Tenggelam Saat Mancing

“Ide itu muncul pada waktu saya ke Jakarta, dan sering lihat di TV , disitu saya berfikir bagaimana caranya supaya nanti enggak jauh-jauh ke Jakarta kalau mau lihat bangunan itu,” tambahnya.

Kades dengan paras cantik itu berharap, kedepan dengan selesainya keseluruhan bangunan tersebut, dirinya berharap kepada masyarakat yang berkunjung ke kantornya untuk berfoto agar dapat menjaga kebersihan lingkungan.

“Ingin foto-foto ya silahkan saja, saya tidak melarang, yang penting jaga kebersihan. Apalagi di sebelah Kantor Desa ada Mushola dan gedung TPA yang saat ini sedang dibangun oleh ayah handa saya,” tutupnya.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here