BERBAGI

Laporan : Danis/CJ
BANDAR LAMPUNG – Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Bachtiar Basri dilantik sebagai Ketua Dewan Pembina Harian Komunitas Pelukis Indonesia (KompiI) Lampung periode 2018-2021. Pelantikan dilakukan Ketua Umum Kompi, Semilang Suttan Fanhar, didampingi Ketua Dewan Pembina Kompi Pusat Abrory A. Djabbar, di Ruang Abung Balai Keratun, Rabu (5/12).

Dalam sambutannya, Semilang mengapresiasi dukungan dan kepedulian Wagub Bachtiar kepada komunitas pelukis. Melalui dukungan ini, dia berharap program Kompi dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan seni rupa di Provinsi Lampung.

BACA JUGA  KPK: ASN Korupsi Harus Dituntaskan

Menurut dia, saat ini kondisi seni rupa di Lampung mati suri. Hal tersebut karena beberapa faktor. Di antaranya karena terbatasnya pasar hasil karya pelukis dan tempat pameran lukisan. Padahal, karya pelukis Lampung tidak kalah dari daerah yang terkenal seni dan budaya seperti Bali, Yogyakarta, dan Bandung.

“Hasil karya pelukis Lampung tidak kalah dengan daerah lain. Kita berharap nantinya Lampung dapat dijadikan sebagai sentra seni rupa khususnya untuk Sumatera,” uja dia.

Hal senada diungkapkan Ketua Dewan Pembina Kompi Pusat Abrory A. Djabbar. Dia mengungkapkan jika potensi para pelukis ditingkatkan dan pasar lukisan dikembangkan, dia yakin Lampung mampu menjadi inspirasi derah lain. “Lampung akan menjadi pilar kebudayaan yang kuat dan menjadi inspirasi bagi Indonesia,” ujar dia.

BACA JUGA  LKF Jadi Kalender Even Pariwisata Nasional

Terkait hal ini, Bachtiar Basri usai berharap kehadiran Kompi di Lampung mampu menjadi pemicu kebangkitan lebih banyak karya seni rupa di Lampung. Kemudian, dapat membuka peluang pasar lukisan di Lampung yang akan membawa kesejahteraan bagi para pelukis.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here