BERBAGI
Salah Satu Ikon Monumental Peninggalan Bung Karno. Ist

Presiden Soekarno Tinggalkan Sejarah Monumental

ASIAN Games (AG) XVIII, pesta olahraga terbesar Asia yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September 2018 jangan hanya berhenti sebatas peristiwa olahraga yang berlangsung selama dua pekan. Sebaliknya, event besar yang baru terjadi dua kali di Indonesia di era Presiden Soekarno pada 1962 dan Presiden Jokowi pada 2018 harus dimaknai sebagai peristiwa besar untuk merajut persatuan dan kesatuan bangsa.

Pernyataan ini ditegaskan Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Eko Sulistyo dalam diskusi ‘Ikon-Ikon Infrastruktur Asian Games’ di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Selasa, 30 Mei 2018.

BACA JUGA  Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Sebarkan Nilai Kebangsaan

“Selain pentas olahraga, di AG juga berlangsung berbagai peristiwa budaya dan teknologi, misalnya pada atraksi pembukaan, penutupan, serta pada proses pembangunan infrastruktur venues-nya,” kata Eko Sulistyo.

Ia menekankan, spirit AG IV 1962 yang dibuat Bung Karno saat republik baru berusia 17 tahun, bahwa Asian Games bukan sekadar pertandingan olahraga, tapi juga upaya memperkokoh ruang kebangsaan. Dalam Asian Games tercakup perjuangan nasional yakni memperkokoh persatuan nasional dan memupuk jiwa gotong royong serta menjadi forum solidaritas internasional, dengan membentuk persahabatan dan perdamaian dunia. “Selain itu, Asian Games melahirkan manusia Indonesia baru, yang berani melihat dunia dengan mata terbuka, secara fisik tegas, tapi juga kuat secara mental,” kata Eko Sulistyo.

BACA JUGA  KPAI: Orang Tua Berperan Mendidik Caranya Berdemokrasi

Eko Sulistyo menegaskan, rapat terbatas persiapan AG yang hingga kini sudah digelar 11 kali menunjukkan besarnya perhatian Presiden Jokowi pada pesta olahraga Asia ini. “Kita harus berkaca pada lembaran sejarah 1962. Saat itu, dengan dana sangat terbatas, Bung Karno mampu membangun ikon-ikon infrastruktur, yang bahkan masih bisa digunakan pada AG 2018 tahun ini,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here