BERBAGI

Laporan: DANIS MULYA
BANDAR LAMPUNG-Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPW APSI) Provinsi Lampung mengadakan Ujian Profesi Advokat Tahun 2018 yang bertempat di Hotel Nusantara Syariah Lampung di Bandar Lampung Rabu, (5/9).

Dalam acara tersebut, Ketua DPW APSI Lampung, Hermawan, menyampaikan bahwa UPA tersebut adalah agenda rutin organisasi dalam rangka menyambung regenerasi dan kaderisasi advocat syariah.

“Sebelum dilakukan UPA ini, kami terlebih dahulu membekali para calon advokat APSI dengan  melakukan pendidikan profesi advocat seperti biasanya dan materinya pun pasti berkaitan dengan hukum umum serta syariah,” terang Hermawan.

Saya berharap, lanjut Hermawan, organisasi APSI di Lampung akan terus berjalan dalam mengkaderisasi calaon advokat. Untuk para advokat yang sudah dilantik sebagai pengacara APSI agar dapat menjaga kapasitas, integritas, serta akhlaqnya dalam menjalankan profesi sebagai advokat APSI.

“Kita adalah advocat  Syariah, tentunya selalu mengedepankan koridor keislaman dalam kehidupan sehari-hari termasuk saat menjalankan fungsinya sebagai pengacara. Saya juga berharap pada saat melakukan tugas, para advocat APSI ini dapat menjunjung tinggi norma dan nilai proses peradilan hukum yang berlaku,” pungkas Hermawan.

BACA JUGA  120 Calon Advokat Ikuti UPA PERADI

Di tempat yang sama, sekretaris DPW APSI Lampung, Fitra Zuli Taufan Jasa, berpesan bahwa para peserta  harus niatkan menjalani UPA karena ALLAH AWT. Setelah itu, bertekadlah menjadi advovat yang mengedepankan kepentingan masyarakat terutama yang tidak mampu serta menjunjung tinggi hukum dan kebenaran.

“Tidak boleh angkuh, kita harus senantiasa melihat kebawah, mari kita bersama-sama membangun dan membesaran APSI, jadikan organisasi ini wadah atau tempat untuk membantu  masyarakat mencari keadilan hukum,” singkat Fitra.

Ditambahkan Alhidayat, salah satu peserta UPA APSI Lampung mengatakan, sebelum UPA ini digelar kami telah dibekali dengan melakuan Pendidikan Pelatihan Profesi Advocat (PPPA) sebulan terakhir. Pemateri PPPA tersebut langsung dari ketua pengadian tinggi, ketua pengadilan negeri, pengadilan agama Lampung dan yang lain.

BACA JUGA  120 Calon Advokat Ikuti UPA PERADI

“Saya dan para peserta UPA disini sepakat ingin menjadi advocat syariah yang mempunyai moral ukhwah islamiah. Jika kami nantinya dinyatakan lulus dan disumpah, kami siap mewujudkan visi misi advokat APSI,” singkat dia.

Ketua pelaksana UPA APSI Lampung yang ke dua, Abdul Aziz Subhan, juga menyampaikan rasa syukurnya, karena agenda APSI yang ia komandoi berjalan dengan lancar dan sukses.

“Kedepan, saya berharap peserta UPA APSI akan bertambah, khususnya bagi para alumni fakultas hukum syariah di Lampung  dapat bergabung di organisasi yang memang pas untuk para alumni tersebut. Meskipun demikian, kami membuka pintu peluang yang sama untuk para sarjana-sarjana hukum umum yang ingin bergabung di APSI,” tutupnya. [*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here