BERBAGI

Laporan : Heri/Vona/Akt

JAKARTA – Kemenag Riau melalui bidang Penyelenggara Haji dan Umrah melakukan sidak ke VFS Tasheel Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Adisucipto No 1 Pekanbaru Riau pada, Jumat (21/12) terkait gonjang ganjing Scan Biometrik yang diberlakukan Pemerintahan Arab Saudi baru baru ini, untuk jamaah umrah. Kepala Seksi H Abdul Wahid yang didaulat untuk melakukan sidak terhadap pelayanan rekaman biometrik jemaah umrah Riau.

Wahid mengatakan untuk segera mencari lokasi tempat yang memadai untuk scan biometrik jamaah. Pasalnya, tempat yang sekarang ditempati masih jauh dari representatif saat menampung jamaah yang terus melonjak naik untuk beribadah umrah ke tanah suci. “Perlu adanya area yang luas dan ruangan yang memadai untuk melayani jamaah, rata rata bisa mencapai ratusan orang perharinya,” sebutnya, seperti dikutip dari laman Kementerian Agama Provinsi Riau, di Jakarta, Sabtu (22/12).

BACA JUGA  Jangan Remehkan, Ini Manfaat Dongeng Bagi Pertumbuhan Si Kecil

Kedua, Wahid juga menyinggung masalah SDM yang masih minim. Saat ini baru memiliki dua alat perekam dan 3 orang SDM, dimana tiga orang ini satu bertugas untuk mendata, yang satu untuk rekaman, dan satu lainnya merekap, dengan demikian belum mencapai standart pelayanan seharusnya.

Dikatakannya kita tentu mengharapkan peralatan dan petugas bisa ditambah, agar masa tunggu perekaman bisa dipangkas. Ia mengatakan pihak VFS Tasheel akan mendatangkan dua orang lagi dari Jakarta sebagai tambahan SDM. “Awal tahun ini insyaallah sudah ada lima orang yang akan menangani proses rekam biometrik ini”, ucapnya.

BACA JUGA  Tersembunyi-Sulit Terdeteksi, Ini 5 Gejala Kanker Yang Perlu Diwaspadai

Ketiga, mengingat Provinsi Riau ini antara satu daerah dengan lainnya cukup jauh, bahkan ada wilayah daratan dan ada lautan juga. Maka pihaknya mengaku bersama dengan pihak travel Kedepan akan membuat program untuk pembagian wilayah di Riau ini sehingga nantinya akan berkumpul di satu titik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here