Laporan: Agus Setiawan

PESISIR BARAT-Di Bumi Perkemahan Pekon Cahaya Negeri, Kecamatan
Lemong, Rabu (11/9), Bupati Pesisir Barat (Pesbar), Agus Istiqlal, melantik Pengurus Kwartir Cabang dan LPK Gerakan Pramuka, sekaligus menjadi pembina upacara Hari Pramuka ke-58 tingkat kabupaten.

Dalam sambutannya pria kelahiran Gunung Kemala, Krui itu menyampaikan ucapan selamat hari pramuka ke 58 Tahun 2019.

“Semoga jiwa gerakan pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tema hari pramuka tahun ini, Pramuka bersama seluruh komponen bangsa siap sedia membangun keutuhan NKRI,” terangnya.

Agus berharap dalam rangka hari pramuka kali ini, semua pihak dapat memperhatikan hal-hal berkaitan dengan upaya-upaya radikalisme, dan terosisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba yang merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar Indonesia saat ini.

BACA JUGA  Korban Hanyut Ditemukan di Teluk Krui

“Sebagai ketua majelis pembimbing cabang mengharapkan kita semua memiliki perhatian penuh terhadap hal-hal yang dapat merugikan bangsa dan negara, kesamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan, khususnya hal yang mengancam keutuhan NKRI. Hentikan segala upaya untuk menyeret gerakan pramuka ke dalam wilayah politik praktis. lupakan sejarah pahit masa lalu dimana gerakan pramuka terkotak-kotak dalam kelompok-kelompok berdasarkan afiliasi politik,” tuturnya.

Dengan telah dilantiknya Kepengurusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pesibar yang baru, Agus juga berharap  terus meningkatkan kwalitas dan kuantitas gerakan pramuka di Pesbar, dengan menggiatkan kembali anggota gerakan pramuka, dimulai dari pangkalan gugus depan dan kwartir ranting yang sudah terbentuk serta membentuk kecamatan yang kwartirnya belum ada, agar gerakan kepramukaan bisa berjalan dengan baik di seluruh Pesbar.

BACA JUGA  Do'a Aa Gym Untuk Korban Banjir

“Untuk menjadi tuan rumah Hari Pramuka ke 59 tingkat daerah Lampung 2020 mendatang, maka pramuka Pesibar harus bisa mempersiapan segala persiapan dengan baik agar memberikan kesan sebagai salah satu kota yang kaya akan potensi di Negeri Para Sai Batin dan Ulama terhadap kabupaten se-Provinsi Lampung,”tuturnya.

Dia juga memastikan dukungan penuhnya terhadap seluruh kebijakan dan kegiatan yang dilaksanakan oleh gerakan pramuka. “Sehingga dengan Trisatya dan Dasadarma anggota pramuka bisa menjadi contoh anggota muda yang bisa berkarya dan siap menjaga keutuhan NKRI melalui implementasi dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here