Laporan Agus Setiawan

PESISIR BARAT- Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KH Muhammd Tohir, Rabu (16/10/2019).

Dalam Sidak tersebut Bupati melihat dari dekat kelengkapan alat rumah sakit serta pelayanan umum.

“Sidak hari ini lebih melihat kepada fasilitas umum yang ada di RSUD KH Muhammad Tohir, bukan untuk memvonis tetapi apa yang menjadi kebutuhan, yang menjadi kekurangan RSUD, sehingga kedepan bisa melengkapi dan memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat,” ungkap Bupati.

Agus Istiqlal juga memberikan petunjuk dan arahan kepada para tenaga medis ataupun perawat agar tetap bekerja dengan baik dan selalu mengontrol kondisi atau keadaan para pasien yang masih dalam perawatan di RSUD ini.

“Kedepan RSUD kita akan semakin bagus, namun semua membutuhkan proses atau tahapan.Meski sekarang sarana dan peralatan kesehatan masih kurang dan tenaga medis terbatas bukan menjadi hambatan bagi kita untuk melayani pasien. Pelayanan harus bagus,” terang Bupati

BACA JUGA  Delapan Tambak Ditutup Pemda Pesbar

Sementara, Tedi Zatmiko Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesibar mengatakan, RSUD KH Muhammad Tohir yang merupakan Rumah Sakit Tipe D masih membutuhkan penambahan fasilitas sarana prasaranan serta tenaga medis agar pelayanan kesehatan bagi warga Pesisir Barat berjalan dengan optimal.

“Kekurangan yang mendasar adalah tenaga kesehatan, diantaranya: dokter spesialis kandungan, spesialis anak, selain itu dokter gigi, perawat gigi, apoteker, tenaga laboratorium dan tenaga kesling,” kata Tedi melalui pesan WhatsApp.

Tedi menjelaskan, upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah Pesibar untuk memenuhi tenga kesehatan adalah dengan melakukan penerimaan CPNS pada tahun 2018, selain itu upaya ke kementrian melalui program Nusantara sehat, wajib kerja dokter spesialis penerimaan tenaga kontrak serta kedepan akan dilakukan pengangkatan pegawai tidak tetap tenaga tertentu.

BACA JUGA  Nunik Ajak Lakukan Terbaik buat Anak

“Semua sudah kita lakukan demi mengoptimalkan layanan kesehatan di Pesibar menjadi lebih baik,” jelasnya.

Tedi juga mengatakan, RSUD KH Muhammad Tohir telah mendapat Akreditasi dari kementrian Kesehatan dan komite akreditasi rumah sakit sehingga RSUD KH Muhammad Tohir dapat menjalin kerjasama dengan BPJS.

“Alhamdulillah RSUD sudah Akreditasi sehingga kita dapat bekerjasama dengan BPJS, sebelumya kan RSUD KH Muhammad Tohir tidak bisa menerima pasien BPJS, namun kita tetap menerima pasien itu dengan fasilitas yang di tanggung atau di cover oleh dinas kesehatan,” ucap Tedi.(*)

- Advertisement -
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here