BERBAGI

Laporan : Romi Agus

WAY KANAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan sangat menyambut baik terjalinnya kerjasama antara Pemerintah Daerah dan Pihak Pajak terkait dengan penyesuaian pajak di Kabupaten Way Kanan baik terhadap Pajak Bumi dan Bangunan bagi masyarakat maupun pajak hotel, restaurant dan perusahaan.

Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M saat menerima Audiensi Jajaran Kantor Pelayanan Pajak Way Kanan, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati setempat, Rabu (10/10).

Turut mendampingi Bupati Way Kanan dalam audiensi tersebut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Ade Cahyadi, M.Si, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kusuma Anakori, S.E.,M.A.P, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Hendri Syahri, S.T.,M.T, unsur Inspektorat Kabupaten dan unsur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung.

Raden Adipati Surya dalam kesempatan audiensi mengharapkan terjalinnya sinergitas yang baik antara Pemkab Way Kanan dengan Pihak Pajak, dan adanya penyesuaian terhadap pajak ini, maka perusahaan-perusahaan nakal akan menjadi taat pajak sehingga memberikan dampak baik bagi Kabupaten Way Kanan dengan keberadaan perusahaan-perusahaan tersebut.

BACA JUGA  Pemkab WK Gelar Grebek Sampah Plastik

Bupati juga mengatakan, perlu adanya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Pajak dan Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait kepada para Camat dan Kepala Kampung mengenai penyesuaian Pajak Bumi dan Bangunan yang sedang menjadi perdebatan di masyarakat.

SKPD terkait seperti Bapenda dan instansi lainnya lanjut Adipati wajib mensosialisasikan terkait penyesuaian pajak kepada kepala kampung dan masyarakat, agar masyarakat akan mudah memahaminya bahkan tidak akan ada kesalahpahaman dimasyarakat terhadap Pemda yang dinilai menaikkan Pajak.

Lebih lanjut Adipati juga menegaskan pihak pajak dan Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait, setelah melakukan sosialisasi kepada kepala kampung dan masyarakat selanjutnya menegaskan kepada pihak perusahaan, hotel dan restaurant yang ada di Kabupaten Way Kanan untuk taat pajak.

Bukan hanya perusahaan, hotel dan restauran saja, tetapi terhadap pemilik tower-tower yang telah memiliki izin pendirian pun wajib taat pajak, dan kepada pendirian tower yang belum memiliki izin untuk segera diselesaikan terkait izin pendirian, jika tidak mengikuti aturan maka Pemda tidak akan segan-segan untuk menertibkannya sesuai dengan aturan yang berlaku, kata Adipati.

BACA JUGA  Kurang Dari 24 Jam, Pelaku Curas Dibekuk

Terkait dengan penyesuaian pajak di Kabupaten Way Kanan pada kesempatan itu pihak Kantor pelayanan pajak akan siap membantu mensosialisasikan kepada para kepala kampung dan masyarakat sesuai dengan jadwal yang diagendakan oleh Badan Pendapatan Daerah dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, agar masyarakat dapat memahami alasan kenapa dilakukannya penyesuaian pajak bukan kenaikkan pajak.

Selain itu juga pihak pelayanan pajak juga akan menempatkan personelnya untuk Berkantor di Dinas PMPTSP minimal satu kali dalam seminggu untuk melayani pembayaran pajak atau konsultasi terkait pajak kepada masyarakat yang telah membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here