BERBAGI

LAGI-lagi dikotomi PTN dan PTS tidak pernah usai. Angota DPD RI Andi Surya berharap, L2 DIKTI dapat memberi harapan terhadap perbaikan kebijakan pendidikan tinggi, salah satunya adalah penetapan quota mahasiswa PTN, Kebijakan rasio dosen, keadilan anggaran, dan mengawasi perilaku Pemda dalam hal mengayomi PTN dan PTS, karena selama ini terkesan sebagian Pemda di Lampung kurang serius dan kurang adil melakukan pembinaan kepada PTS dan PTN.

“Saya masih melihat adanya ketidak-adilan alokasi APBD kepada PTN dan PTS, sebagai contoh ada PTN yang diberi bantuan anggaran hingga puluhan milyar baik untuk sarana fisik maupun non fisik termasuk hibah lahan yang tidak semestinya. Itu dasarnya apa? Dalam undang-undang Sisdiknas disebutkan tidak ada perbedaan atau dikotomi PTN/PTS, yang seharusnya hibah atau bantuan Pemda bisa mengalir secara lebih bijaksana sesuai UU Sisdiknas,” Ungkapnya.

BACA JUGA  Andi Cuma Bilang; "Bentar Ya..."

“Bahkan yang lebih membuat PTS mengurut dada adalah, adanya fakta yang saya peroleh dari rekan-rekan pengelola PTS, sebagian PTS kesulitan melakukan kerjasama dalam bentuk MoU Tridarma Perguruan Tinggi dengan sebagian Pemda di Lampung. Saya tengarai ada beberapa kepala daerah yang kurang memahami keberadaan dan fungsi PTS sehingga cenderung melupakan pentingnya pembinaan bagi PTS-PTS di daerah. Untuk itulah kami berharap L2 DIKTI yang baru hadir ini dapat memainkan perannya sebagai pengayom dan pembina semua pihak baik PTN dan PTS serta dapat memberi pertimbangan dan pengawasan atas kebijakan Pemda terhadap perguruan tinggi di daerahnya,”tutup Andi Surya.[heri/lintas]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here