BERBAGI

Laporan : Ilhamprayogi /Akt
JAKARTA – Tentu saja, memiliki kebiasaan tidur dengan mulut terbuka alias mangap tak akan disadari oleh diri kita sendiri. Namun, yang menjengkelkan adalah ketika orang lain bisa memanfaatkan kondisi kebiasaan tidur kita ini untuk menggoda kita. Untuk itu, inilah beberapa cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap yang perlu Anda tahu dan coba lakukan.

1. Mencari Tahu Penyebabnya
Mulut mangap saat tidur dapat disebabkan oleh banyak faktor di mana salah satunya adalah masalah amandel sehingga menjadikan seseorang lebih nyaman tidur dengan mulut terbuka. Bahkan tidur mangap juga menjadi kebiasaan ketika struktur di dalam mulut juga mengalami kekurangsempurnaan sehingga perlu untuk memeriksakan dan mengonsultasikannya dengan dokter agar penyebab mulut terbuka saat tidur terdeteksi jelas.

BACA JUGA  (Redesign) Samsung Galaxy Fold Layar Lipat Meluncur

2. Menaikkan Kepala
Mulut mangap, terbuka atau menganga saat tidur adalah kebiasaan yang tak bisa hanya diatasi dengan membiasakan tidur telentang tanpa alas kepala. Justru bagi orang-orang dengan masalah kebiasaan tidur mangap, cara menghilangkan yang cukup jitu adalah dengan menggunakan bantal yang cukup tinggi lebih dari biasanya.

Mungkin Anda bukan tipe orang yang menyukai penggunaan bantal saat tidur, tapi penting untuk mencoba menggunakan bantal bertumpuk sehingga posisi kepala jauh lebih tinggi. Hal ini adalah cara pencegah hidung tersumbat. Bahkan saluran pernapasan menjadi terbuka karena tidur dalam posisi kepala tinggi; asalkan tak terlalu tinggi maka leher tak akan pegal dan kaku.

BACA JUGA  Nih Resep Es Campur Buah Susu

3. Menghindari Alergen
Kondisi alergi dapat menjadikan hidung tersumbat pada beberapa kasus di mana proses pernapasan pun akhirnya menjadi lebih nyaman melalui mulut. Dan alergi sendiri bisa terjadi karena berbagai macam hal, seperti mulai dari makanan, debu, serbuk sari dan faktor-faktor lainnya yang mampu memicu hidung tersumbat atau justru berair.

Jika memang alergilah yang menjadi faktor dibalik kebiasaan tidur Anda yang suka mangap, pastikan bahwa lingkungan tempat tidur dan kamar tidur Anda serba bersih. Jika masalah utama terjadi karena saluran pernapasan terkena iritasi akibat debu, serbuk sari dan juga hal-hal lainnya Anda perlu membersihkan kamar atau bahkan menjauhkan diri dari makanan yang menyebabkan alergi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here