Ilustrasi: Net

Laporan: Vira

Tomat dan brokoli populer sebagai sayuran. Faktanya keduanya tergolong buah dan bunga. Berikut ini fakta seputar sayur, buah dan bunga yang umum dikenal. Beberapa makanan masih sangat sering salah penyebutan dan salah diartikan. Meskipun hal ini dianggap baik-baik saja bagi sebagian orang, tetapi lebih baik untuk mengetahui kebenarannya.

Seperti tomat digolongkan sebagai sayuran padahal buah. Demikian juga dengan brokoli yang faktanya adalah bunga, bukan sayuran. Dirangkum dari thedailymeal.com, Berikut fakta-fakta makanan yang tidak sesuai faktanya.

1. Brokoli adalah Bunga Bukan Sayuran

Secara umum banyak orang yang mengetahui brokoli adalah jenis sayuran. Tetapi sayuran berbentuk kuntum ini lebih baik dikategorikan sebagai bunga.

Sayuran sendiri adalah istilah umum untuk bagian yang dapat dimakan dari tanaman bertangkai. Sedangkan bunga adalah jenis sayuran tertentu yang bagian atasnya dapat dimakan. Pada brokoli, bagian yang dimakan pada brokoli adalah kepala bunganya yang berwarna hijau.

2. Paprika adalah Buah Bukan Sayur

Paprika lebih sering dikonsumsi sebagai campuran berbagai macam makanan. Proses masak paprika juga biasanya ditumis atau ikut dipanggang bersama pizza.

Jarang terlihat orang mengonsumsi paprika langsung secara utuh karena banyak yang menganggap paprika adalah sayuran yang butuh diolah terlebih dahulu. Padahal faktanya segala jenis paprika bukan sayuran melainkan tergolong jenis buah-buahan.

3. Labu Kuning Termasuk Buah

Faktanya labu bukanlah sayur, melainkan buah. Labu kuning adalah buah yang tumbuh pada tanaman dan mengandung biji-bijian. Meskipun labu kuning seringkali dimasak bersama sayuran lainnya, dibuat bubur, sup atau campuran kue. Namun faktanya labu bukanlah sayur, melainkan buah.

Labu kuning adalah buah yang tumbuh pada tanaman dan mengandung biji-bijian. Seperti buah-buahan lainnya, labu juga dikenal dengan daging buah yang manis.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Kasus DBD, Camat RJU Ajak Jajaran Giat Lakukan Kebersihan

4. Biji Kopi Bukanlah Biji

Banyak yang mengira jika beragam racikan kopi seperti latte, cappuccino, atau macchiato berasal dari biji kopi. Nyatanya biji kopi bukanlah tergolong biji-bijian.

Kopi berasal dari semak berbunga yang punya buah seperti ceri. Buah kecil kopi itu mengandung dua biji yang tertutup daging dan kulit luarnya. Biji ini lalu dipanen, dikeringkan, kemudian dipanggang hingga lebih dikenal dengan sebutan biji kopi. Padahal buah kopi.

5. Rhubarb Bukan Buah

Rhubarb lebih sering dikenal sebagai jenis buah yang memiliki bentuk batang menyerupai seledri. Sayuran ini juga sering dipasangkan dengan buah-buahan manis sebagai pelengkap isian pai atau kue.

Rhubarb lebih sering dikenal sebagai jenis buah yang memiliki bentuk batang menyerupai seledri. Sayuran ini juga sering dipasangkan dengan buah-buahan manis sebagai pelengkap isian pai atau kue.

Ternyata rhubarb bukanlah buah. Rhubarb tergolong sayuran. Namun jika ingin mengonsumsi sayuran ini haruslah hati-hati. Karena daun hijau yang berbunga pada batangnya dan akar yang tumbuh di bawahnya beracun.

6. Cokelat Putih Bukan Cokelat

Cokelat putih seringkali disediakan pada toko-toko cokelat. Meskipun namanya memakai kata “cokelat” namun cokelat putih tidak bisa dikatakan sebagai cokelat.

Coklat pada umumnya terbuat dari biji kakao yang dipanen dari pohon tropis lalu diolah dengan campuran mentega kakao dan padatan kakao. Namun cokelat putih tidak mengandung bahan tersebut.

Cokelat putih hanya mengandung mentega (cacao butter) namun tidak dengan padatannya, yang membuat warna cokelatnya menghilang dan menjadi putih.

sumber: food.detik.com

Temukan berita-berita menarik Lintas Lampung di Google News
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini