BERBAGI

PESISIR SELATAN– Sebanyak 58  bakal calon peratin di 9 (Sembilan) pekon/desa untuk pelaksanaan Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak tahun 2018 di Kabupaten Pesisir Barat, mengikuti tes tertulis yang digelar oleh Pemkab melalui bagian tata pemerintahan (tapem) Setdakab setempat, tepatnya di gedung B.bec, Pekon Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (14/8).

Pelaksanaan tes tertulis itu untuk memenuhi kuota lima calon di masing-masing pekon, karena berdasarkan pendaftaran dari 42 pekon yang akan melaksanakan Pilratin pada 17 Oktober 2018 mendatang sebanyak sembilan pekon yang pendaftarnya lebih dari lima orang bakal calon peratin. Dalam kegiatan tes tertulis itu melibatkan tim independen dari Universitas Lampung.

Disampaikan Kabag Tapem Setdakab setempat, Sukmawati, sembilan (9) pekon itu diantaranya Pekon Rawas Kecamatan Pesisir Tengah sebanyak enam (6) pendaftar bakal calon peratin, Pekon Kebuayan dan Way Sindi Hanuan Kecamatan Karya Penggawa masing-masing enam (6) bakal calon.

BACA JUGA  Hewan Qurban Di Pesbar Sehat-Layak Dikonsumsi

Kemudian, Pekon Sumur Jaya Kecamatan Pesisir Selatan sebanyak sembilan (9) pendaftar, pekon Gedung Cahya Kuningan Kecamatan Ngambur enam (6) orang pendaftar.

“Selanjutnya, Pekon Penengahan Kecamatan Lemong enam (6) pendaftar, Pekon Bandar Jaya Kecamatan Ngaras enam (6) pendaftar dan Pekon Kota Karang Kecamatan Pesisir Utara sebanyak tujuh (7) pendaftar,” jelasnya.

Hadir pada tes tertulis bakal calon Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal. Agus menyampaikan kepada seluruh peserta tes bisa mengikuti proses ini dengan baik. Tes ini menurut Agus terdiri dari pilihan ganda sebanyak 100.

BACA JUGA  Istiqlal Hadiri Deklarasi Damai

“Hasil tes ini menentukan peserta bisa menjadi sebagai calon peratin atau tidak,” imbuh Agus.

Kedepan, masih kata Agus, jika peserta sudah terpilih dan dilantik sebagai Pilratin diharapkan bisa mengemban amanah sebagai pelayan masyarakat.

“Itu tandanya peratin diberikan kehormatan untuk mengemban jabatan sebagai peratin yakni sebagai panutan dan tuntunan masyarakat. Peratin adalah pelayan utama bagi masyarakat dipekon itu sendiri, ” pungkas Agus yang saat setelah menyampaikan sambutan langsung meninggalkan tempat dilaksanakannya tes.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan, Lingga Kesuma menyatakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 100 soal.

“Hasil tes akan keluar pada Kamis (16/8). Panitia akan terbuka dalam kegiatan Pilratin ini untuk menghindari kecurangan,”ujarnya. [setia/lintas]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here