Laporan : Heri/Ilham/CJ
Influenza atau flu merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus.

Penyakit ini sangat menular dan bisa menyebar melalui batuk dan bersin.

Saat tertular, Anda akan mengalami gejala seperti pilek, hidung tersumbat, batuk, suhu tubuh tinggi, sakit kepala, dan kelelahan.

Selain itu, seperti dilansir dari Thehealthsite dan Suara.com, Rabu (10/7), beberapa faktor seperti usia (anak-anak dan orang tua), pasien diabetes, pasien kanker, dehidrasi, pneumonia dapat meningkatkan risiko terkena flu.

Namun, ada cara mencegah flu paling mudah, yaitu melalui nutrisi. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu Anda mencegah penyakit flu.

BACA JUGA  Minuman Tepat Para Atlet

1. Vitamin A
Vitamin A biasanya ditemukan dalam makanan seperti ubi, ikan, wortel, brokoli, bayam, dan lain-lain. Vitamin ini bisa membantu memperkuat lapisan luar sel-sel kulit atau yang merupakan lapisan pertahanan pertama terhadap virus dan bakteri.

2. Vitamin C
Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C di antaranya adalah jeruk, kembang kol, jambu biji, dan apel.

BACA JUGA  Cara Cepat Cek Obat, Ampuh Atau Tidak Dengan Penyakit

3. Vitamin D
Berdasarkan beberapa penelitian, vitamin D memberikan perlindungan terhadap infeksi pernapasan akut. Vitamin ini ditemukan dalam makanan seperti jamur, ikan berlemak, kuning telur, dan keju.

4. Protein tanpa lemak
Protein membantu menyembuhkan dan mencegah infeksi pernapasan. Ini ditemukan dalam makanan seperti ayam, ikan, susu, dan keju.

5. Zinc
Zinc memiliki peran penting dalam membantu tubuh melawan infeksi dan biasanya ditemukan dalam makanan seperti kangkung, bayam, dan kubis atau kol.[*]

- Advertisement -
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here