illustrasi

Laporan : Heri/Ilham/CJ
Bagi hampir sebagian besar, bahkan mayoritas masyarakat Indonesia pasti sudah mengetahui makanan abon.

Bagi Anda yang mungkin belum tahu, abon merupakan salah satu bahan pangan yang umumnya merupakan bahan olahan berbahan dasar daging yang telah disuwir halus.

Bahan dasar daging ini kemudian diolah dengan cara ditambahkan berbagai macam bumbu, lalu digoreng hingga menjadi kering.

Beberapa jenis daging yang biasa dibuat abon yaitu daging sapi, daging ayam, daging ikan lele, daging ikan patin, daging celeng atau babi dan beberapa jenis daging lainnya, karena pada dasarnya hampir semua daging bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi abon.

Selain daging, ternyata bagian tulang ikan pun juga dapat diolah menjadi abon. Tentu saja hal ini dapat menekan biaya produksi, dan memberikan keuntungan yang lebih.

BACA JUGA  Dari Diabetes Hingga Stroke, Ini 5 Bahaya Minum Es Teh Berlebihan

Abon biasanya dilempar ke pasaran dalam bentuk kemasan ataupun bentuk curah.

Dengan ciri khas rasanya yang cenderung manis tapi gurih, menjadikan abon salah satu jenis makanan yang disukai hampir semua orang.

Oleh karena itu, banyak manfaat abon yang dapat diambil dan dijadikan camilan favorit bagi beberapa orang.

Abon ternyata memilki banyak manfaat dan keunggulan, terutama bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat dan keunggulan dari abon, seperti dilansir dari Manfaat.co.id pada Kamis (11/7):

1. Praktis dan ekonomis

Manfaat dan keunggulan pertama dari abon adalah abon merupakan salah satu produk olahan yang praktis, ekonomis dan tidak ribet. Abon biasanya dikemas dalam bentuk kemasan plastik atau botolan, dan dapat langsung dikonsumsi begitu saja, dengan ataupun tanpa nasi.

BACA JUGA  Awas! Bersihkan Wajah Dengan Tisu Basah Bisa Merusak

Oleh karena itu, abon sangat praktis, terutama bagi yang tinggal di kamar kos, ataupun sedang berpergian jarak jauh, karena sangat praktis untuk asupan energi Anda. Abon juga merupakan makanan praktis yang banyak mengandung protein dari hewani bagi tubuh.

2. Lebih tahan lama

Abon juga memiliki tingkat keawetan yang jauh lebih baik daripada produk olahan lain.

Selain itu, untuk menyimpan abon pun cukup ditempatkan pada suhu ruangan, tanpa perlu freezer. Membuat abon dapat dijadikan sebagai salah satu produk olahan yang sifatnya darurat, namun tetap memiliki gizi yang tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here