BERBAGI

Laporan : Heri/Nara/Dr
Apakah kamu termasuk orang yang suka makan telur asin? Suatu hal yang wajar bila banyak orang yang suka mengonsumsi telur asin karena rasanya yang lezat. Akan tetapi, apakah kamu tahu dibalik rasanya yang lezat terdapat beberapa manfaat telur asin yang bisa membuat kamu terkesan.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut mengenai telur asin. Ketahui apa itu telur asin, kandungan gizi telur asin, manfaat telur asin bagi tubuh, dan informasi lainnya melalui penjelasan di bawah ini.

Apa itu telur asin?
Telur asin adalah telur yang telah mengalami proses pengawetan dengan menggunakan garam sehingga mampu bertahan lama. Bahan utama telur asin yang biasa digunakan oleh produsen adalah telur bebek. Mengapa demikian?

BACA JUGA  Batasi Kalori Yang Masuk Saat Puasa

Mengapa telur bebek sering dipakai untuk membuat telur asin?
Sebenarnya, telur asin bisa menggunakan telur ayam sebagai bahan utama. Akan tetapi, hampir semuanya menggunakan telur bebek atau telur itik. Ini dikarenakan telur bebek atau telur itik memiliki kualitas cangkang yang lebih baik dalam menyerap garam sehingga lebih mudah untuk pengawetan.

Selain itu, tekstur yang dimiliki oleh telur bebek lebih kenyal dan rasanya lebih gurih daripada telur ayam. Dalam hal kandungan gizi, telur bebek memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi terutama kandungan protein. Ukuran telur bebek pun lebih besar daripada telur ayam sehingga memiliki kepuasan yang lebih tinggi saat menyantapnya, seperti dilansir doktersehat.com.

Kandungan gizi telur asin
Telur asin yang umumnya menggunakan telur bebek memiliki kandungan gizi yang banyak. Protein merupakan kandungan gizi utama yang ada di dalam telur asin. Kandungan gizi lainnya yang cukup tinggi pada telur asin adalah kandungan kolesterol.

BACA JUGA  Batuk Tak Kunjung Hilang, Waspada Gejala 5 Penyakit Mematikan Ini

Anda perlu berhati-hati terhadap kandungan kolesterol yang ada di dalam telur asin terutama bagi Anda yang berisiko mengonsumsi kolesterol berlebih. Telur asin juga mengandung asam amino.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here