Laporan : Ilham Prayogi /Akt
JAKARTA – Buah plum adalah salah satu makanan superfood. Plum termasuk ke dalam keluarga Rosaceae yang juga mencakup buah persik, aprikot, dan nectarine. Berikut adalah sebelas manfaat buah plum untuk kesehatan.

Apa saja manfaat buah plum untuk kesehatan?

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan.
Manfaat buah plum yang paling dikenal adalah kemampuannya mencegah sembelit. Serat buah plum memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga mengurangi risiko kanker usus besar dan wasir.

IKLAN

Sementara itu, serat plum yang tidak larut, bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang tinggal di usus besar, sehingga membantu melestarikan populasinya. Bakteri baik dalam usus menghasilkan asam lemak rantai pendek yang disebut asam butirat. Asam butirat berfungsi sebagai bahan bakar utama untuk sel-sel usus besar dan membantu mempertahankan kesehatan organnya.

BACA JUGA  Jarak Dapat Lembabkan Rambut

Bakteri baik dalam usus menciptakan dua asam lemak rantai pendek lainnya, asam propionat dan asetat, yang digunakan sebagai bahan bakar oleh sel-sel hati dan otot. Bakteri ramah ini juga memerangi bakteri patogen penyebab penyakit dan mencegahnya bertahan di saluran pencernaan.

2. Menurunkan kolesterol.
Asam propionat yang dihasilkan serat buah plum termasuk jenis serat tidak larut. Bukti medis selama ini melaporkan bahwa asam propionat memiliki sifat penurun kolesterol. Dalam penelitian hewan, asam propionat telah terbukti menghambat HMG-CoA reduktase, enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol oleh hati.

Dengan menurunkan aktivitas enzim ini, asam propionat membantu menurunkan kolesterol darahdengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran. Asam empedu adalah senyawa yang digunakan untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh hati dari kolesterol. Ketika asam empedu diekskresikan bersama dengan serat plum, hati harus memproduksi asam empedu baru dan memecah lebih banyak kolesterol, sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang beredar. Serat larut juga bisa mengurangi jumlah kolesterol yang diproduksi oleh hati.

BACA JUGA  Diet Ketogenik-Food Combining Tak Sehat Menurut Medis

3. Mengandung antioksidan tinggi.
Plum mengandung fitonutrien unik yang disebut asam neochlorogenic dan chlorogenic. Kedua zat ini tergolong sebagai fenol. Fenol adalah salah satu jenis antioksidan yang terbukti ampuh menetralkan radikal bebas berbahaya yang disebut radikal anion superoksida. Fenol juga terbukti membantu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak. Sel-sel tubuh, termasuk sel otak dan molekul seperti kolesterol sebagian besar tersusun dari lemak, sehingga penting untuk mencegah kerusakan radikal bebas pada lemak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here