BERBAGI

Laporan : Ilham/Heri/Hs
Tak banyak yang tahu kalau sebenarnya buah mengkudu, alias buah noni, merupakan bagian dari spesies keluarga kopi. Buah hijau eksotis seukuran kentang ini sendiri memang tidak enak rasanya dan mengeluarkan bau busuk yang sedikit tajam, sehingga lebih sering dikonsumsi dalam bentuk jus maupun suplemen makanan.

Meski penampilannya yang kurang menggoda selera, ternyata ada banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya, seperti dilansir Hellosehat.com.

Apa saja manfaat buah mengkudu untuk kesehatan :

1. Menurunkan demam
Studi menunjukkan bahwa jus Noni memiliki khasiat antivirus dan membantu menyingkirkan batuk, menurunkan demam, dan mengobati badan pegal linu.

2. Mengatasi arthritis
Jika Anda menjalani gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu setiap hari, Anda bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan arthritis hingga seminimal mungkin. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jus Noni membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang terkait dengan arthritis karena sifat analgesiknya.

BACA JUGA  Lama Menatap Komputer Bikin Pusing, Ini Tips Atasinya

Tim peneliti di Jerman mempelajari manfaat buah mengkudu dalam mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit di antara hewan uji. Hasilnya, khasiat analgesik mengkudu ditemukan sebanding dengan tramadol, obat analgesik resep yang digunakan untuk mengobati rasa sakit sedang sampai parah.

Membungkus daun mengkudu segar di sekitar daerah yang bermasalah juga dikatakan bisa meredakan radang sendi, bengkak dan sakit akibat arthritis.

3. Menurunkan risiko encok
Encok adalah sejenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Beragam penelitian telah menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko encok.

BACA JUGA  8 Tips Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami

4. Melindungi dari risiko kerusakan akibat stroke
Minum jus mengkudu dapat membantu melindungi Anda dari kerusakan yang bisa ditimbulkan stroke. Periset di Universitas Kobe Gakuin Jepang melakukan uji lab pada hewan untuk menentukan apakah sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari buah mengkudu akan melindungi tikus lab dari kerusakan otak yang disebabkan oleh gangguan aliran darah sementara ke otak.

Begitu aliran darah pada tubuh tikus kembali pulih, kelompok tikus yang menerima jus mengkudu menunjukkan kerusakan neurologis yang lebih sedikit daripada kelompok kontrol. Periset mempublikasikan temuan mereka dalam buletin Biological and Pharmaceutical tahun 2009.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here